082225427456
082225427456
082225427456
D7701234

Bawaslu Sebut Banten Salah Satu Daerah yang Rawan Pelanggaran Saat Pilkada

Minggu, Desember 4th 2016. | 1. Berita & Politik





Serang – Komisioner Bawaslu RI Daniel Zuchron mengatakan daerah Banten sebagai wilayah yang memiliki tingkat kerawanan tinggi seperti daerah Papua Barat dan Aceh. Bahkan menurutnya, Pilkada di Jakarta saja kalah dibandingkan dengan tingkat kerawanan provinsi tanah jawara ini.

“Dari awal Banten masuk tingkat kerawanan tinggi. Sehingga sekalian saya turun ke Banten untuk memastikan apakah Bawaslu mampu mendorong tahapan pemilihan bisa dicegah terkait dengan pelanggaran-pelanggaran,” ujar Danier Zuchron kepada wartawan usai menghadiri acara Penandatanganan Pakta Integritas Melawan Korupsi dan Money Politik di PWNU Banten, Jl. Raya Jakarta Kemang, Kota Serang, Minggu (4/12/2016).

Selain memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi, partisipasi masyarakat Banten terkait Pilkada juga menurutnya masih kurang. Oleh karena itu, dengan adanya partisipasi masyarakat termasuk soal mendorong setiap pasangan cagub-cawagub menandatangani janji anti korupsi dan money politic, adalah bagian dari pendidikan politik yang baik bagi warga Banten.

“Saya berharap Banten tidak lagi masuk dalam provinsi kerawanan yang tinggi. Artinya kerawanan itu dikaitkan dengan sejarah pemilihannya yang bermasalah sepanjang periode pemilihan,” kata Daniel.

Menurutnya, ada beberapa indikator kenapa Banten masuk ke dalam daerah rawan. Salah satunya adalah soal penyelenggaraan, kontestasi kampanye dan partisipasi masyarakat. Selama ini menurutnya dalam hal penyelenggaraan dan partisipasi masyarakat perlu didorong agar Pilkada lebih positif.

(bri/dhn)

Artikel lain Bawaslu Sebut Banten Salah Satu Daerah yang Rawan Pelanggaran Saat Pilkada