082225427456
082225427456
082225427456
D7701234

Cegah Penularan HIV, Waria di Yogyakarta Jalani Pemeriksaan Gigi dan Mulut

Rabu, November 30th 2016. | 1. Berita & Politik





Yogyakarta – Persatuan Dokter Gigi Indonesia melakukan pemeriksaan gigi dan mulut kepada waria-waria di Yogyakarta.Pemeriksaan ini sebagai rangkaian peringatan hari AIDS sedunia.

Para waria ini berkumpul di rumah singgah waria di Gowongan Lor Yogyakarta dan diperiksa oleh tim dokter, Rabu(30/11/2016). Ketua PDGI Sleman dan Dekan FKG UGM, Dr.drg. Ahmad Syaify mengatakan kalangan waria dan gay termasuk rentan terhadap penularan HIV/AIDS. Sehingga kelompok ini perlu mendapatkan perhatian serius.

Dia mengatakan, AIDS menyerang kekebalan tubuh manusia hingga hilang sama sekali dan untuk mengetahui tanda-tandanya, muncul di rongga mulut yang kurang jadi perhatian.

“Ada kanker yang menyertai penderita HIV yang muncul dilangit-langit. Ada radang-radang gusi, ada penyakit-penyakit mulut yang sangat terkait pada penderita HIV. Jadi tanda-tandanya itu ditemui dirongga mulut juga,” kata Ahmad Syaify di lokasi pemeriksaan.

Dengan pemeriksaan ini diharapkan muncul kesadaran dari kalangan waria untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut. Sehingga bisa mengurangi penularan penyakit menular HIV/AIDS.

Salah satu waria, Devina(32) mengatakan pemeriksaan gigi dan mulut gratis bagi waria sangat membantu. Menurutnya, bagian mulut memang sangat penting karena menjadi jalur penularan HIV/AIDS. Sehingga area gigi dan mulut memang harus bersih.

(rvk/rvk)

Artikel lain Cegah Penularan HIV, Waria di Yogyakarta Jalani Pemeriksaan Gigi dan Mulut