082225427456
082225427456
082225427456
D7701234

Cerita Mar'ie Muhammad Jual 2 Mobil untuk Membangun MTI

Minggu, Desember 11th 2016. | 1. Berita & Politik





Jakarta – Purna tugas dari posisi Menteri Keuangan, tidak lantas membuat Mar’ie Muhammad berhenti berkontribusi. Bersama para tokoh lain, Mar’ie mendirikan Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI) untuk mengawal pemerintahan yang bersih.

Mar’ie menjabat sebagai Menkeu dari 17 Maret 1993 sampai 16 Maret 1998. Selepas dari jabatan di pemerintahan, Mar’ie berkumpul bersama para tokoh lain, membahas mengenai bagaimana upaya untuk menjaga pemerintahan yang bersih. Dan saat itu momentumnya tepat karena Orde Baru baru saja berakhir.

“Para tokoh saat itu, termasuk Pak Mar’ie tentu saja sepakat untuk membentuk NGO yang bergerak di bidang penanggulangan korupsi,” ujar mantan Menteri ESDM yang juga salah satu pendiri MTI, Sudirman Said dalam perbincangan dengan detikcom, Minggu (11/12/2016).

Mar’ie yang sejak muda dikenal sebagai sosok yang jujur dan lurus lantas didaulat menjadi ketua pertama MTI. Dan Mar’ie membuktikan dirinya tak main-main dengan MTI dan komitmennya untuk membuat Indonesia bersih dari KKN.

“Beliau begitu mengesankan sangat hati-hati ya. Beliau menjaga supaya sumbangan hanya dari orang Indonesia saja,” ujar Sudirman.

Tak hanya itu saja, Mar’ie sampai menjual dua mobilnya. Uang dari hasil penjualan digunakan untuk operasional kegiatan MTI.

“Beliau melelang dua mobil. Bekas mobil dinas. Untuk MTI,” ujar Sudirman.

Sudirman begitu tersentuh melihat apa yang dilakukan Mar’ie. Padahal menurut Sudirman, harta Mar’ie juga terbilang ‘ngepas’ untuk ukuran mantan pejabat.

“Padahal pas-pasan. Beliau bukan orang yang berlebihan dan tinggal di rumah yang itungannya sederhana,” ujar Sudirman.

Sudirman begitu berduka Mar’ie meninggal dunia pagi ini. Sudirman saat ini berada di rumah duka.

“Indonesia kehilangan tokoh yang bersih dan memiliki komitmen untuk menciptakan pemerintahan yang bersih,” sambung mantan Dirut Pindad itu.

(fjp/fjp)

Artikel lain Cerita Mar'ie Muhammad Jual 2 Mobil untuk Membangun MTI