082225427456
082225427456
082225427456
D7701234

Ditemani Istri, Anies Baswedan Dengarkan Keluhan Warga Kepulauan Seribu

Senin, November 21st 2016. | 1. Berita & Politik




Jakarta – Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini akan melakukan kampanyenya di Kepulauan Seribu. Menurut rencana ada 4 pulau yang akan dikunjunginya.

Anies tiba pukul 09.00 WIB di Pulau Kelapa, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, Senin (20/11/2016). Anies yang menggunakan topi dan jaket merah, hadir didampingi isteri Fery Farhati Ganis.

Pulau Kelapa merupakan pulau pertama yang dikunjungi Anies. Dia datang menggunakan kapal speed Avalon. Turun dari kapal, Cagub nomor urut 3 itu kemudian langsung berjalan mengelilingi rumah warga di pulau itu.

“Saya bersyukur, ini adalah perjalan saya ke Pulau Kelapa. Meskipun jumlah penduduknya mungkin kecil, tapi kita ingin sampaikan ke semua, Jakarta harus maju bersama. Tidak ada lagi kesenjangan antara mereka yang tinggal di kota dan mereka yang tinggal di pulau,” kata Anies mengawali sambutannya.

Ditemani Istri, Anies Baswedan Dengarkan Keluhan Warga Kepulauan SeribuFoto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom

Warga di Pulau Kelapa mengeluhkan berbagai persoalan. Salah satu yang menjadi sorotan adalah jumlah ikan yang dirasa nelayan mulai berkurang akibat dampak reklamasi. Ini disampaikan salah seorang warga dalam sambutannya.

“Bapak Anies patut bapak ketahui tanah yang kita injak hari ini dulunya lautan. Ketika saya ingin makan ikan baronang, ikan baronang saya dapatkan, ketika saya ingin makan cumi, cumi saya dapatkan, ketika saya ingin makan tongkol, tidak cukup berapa mil, maka tongkol saya dapatkan,” ujar Koordinator Gerbang Jakarta yang juga warga Pulau Kelapa Sibru Malisi.

“Sekarang tidak ada lagi. Semuanya diuruk, direklamasi, bahan dasarnya diambil. Kalau mencari ikan harus bermil-mil kami mencarinya. Solusi ke depan adalah pembebasan lahan agar tidak ada reklamasi,” jelas Sibru.

Anies kemudian menjawab keresahan warga. Dia juga berjanji akan membenahi transportasi, kesehatan, hingga pendidikan.

“Meskipun tidak banyak (penduduknya), ini adalah saudara kita semua untuk mendapatkan kesejahteraan dan untuk mendapatkan pendidikan yang sama. Kami ingin membangun Kepulauan seribu maju seperti di daerah lain di Jakarta,” jelas Anies dalam sambutannya.

Menurut agenda, Anies akan melakukan kampanyenya ke Pulau Kelapa, Pulau Panggang, Pulau Pramuka, dan Pulau Tidung.

(imk/imk)

Artikel lain Ditemani Istri, Anies Baswedan Dengarkan Keluhan Warga Kepulauan Seribu