082225427456
082225427456
082225427456
D7701234

Fahri: Ada Komunikasi Informal Soal Kembalinya Novanto Jadi Ketua DPR

Senin, November 28th 2016. | 1. Berita & Politik





Jakarta – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengaku sudah menerima surat dari fraksi Golkar terkait penggantian Ade Komarudin dengan Setya Novanto. Bahkan sebelum surat masuk, kata Fahri, komunikasi informal sudah dilakukan.

“Kebetulan saya baru masuk, belum sempat lihat surat. Komunikasi informal ya kita lakukan. Ini pertimbangan yang diajukan Golkar itu dibahas dalam rapat pimpinan,” kata Fahri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (28/11/2016).

Dalam bincang-bincang itu, Fahri menyebut alasan yang digunakan fraksi Golkar adalah pengembalian jabatan Novanto menjadi Ketua DPR. Pengembalian jabatan ini dikaitkan dengan kasus ‘papa minta saham’ yang waktu itu menyebabkan Novanto mundur sebagai ketua DPR.

“Terminologi yang dipakai itu terminologi pengembalian bukan pergantian. Jadi dikaitkan dengan peristiwa politik beberapa waktu lalu. Nah kebetulan di tengah jalan yang bersangkutan itu jadi Ketua Umum Golkar yang enggak ada rencana,” kata dia.

Fahri berpandangan saat itu Novanto merasa tertekan saat memutuskan mundur dari Ketua DPR. Dengan mundurnya Novanto dari jabatannya, Mahkamah Kehormatan DPR membebaskan Ketua Umum Golkar itu dari sanksi.

“Dia dipressure terus mengundurkan diri, memang logika dia mengundurkan diri sendiri ya. MKD membuat surat ya kan, kemudian me-remind,” katanya.

Fahri menyebut alasan itu nantinya yang akan menjadi pertimbangan untuk mengambil keputusan. Namun, kata dia, keputusan kembali tidaknya Novanto di kursi Ketua DPR akan diambil di paripurna.

“Ini nanti yang akan ada pembahasan karena pertimbangan-pertimbangannya mestinya ada. Mungkin sih saya belum lihat suratnya secara fisik, pada akhirnya paripurna yang akan memutuskan,” bebernya.

Bila sudah disahkan di rapat paripurna, Novanto akan dilantik kembali bersama pimpinan DPR lainnya. Fahri menyebut tidak akan ada pergantian formasi.

jika terjadi penggantian kursi Ketua DPR, Fahri memastikan tidak akan ada perubahan formasi jajaran pimpinan DPR.

“Kalau formasi enggak bisa. Kalau mau mengubah formasi nanti saya kasih tahu caranya jangan sekarang,” ujarnya sambil bercanda.

(ams/imk)

Artikel lain Fahri: Ada Komunikasi Informal Soal Kembalinya Novanto Jadi Ketua DPR