082225427456
082225427456
082225427456
D7701234

Indonesia Tekuk Vietnam 2-1 di Laga Pertama Semifinal AFF

Minggu, Desember 4th 2016. | 3. Sport

Sabtu, 03 Desember 2016 | 21:29 WIB

Indonesia Tekuk Vietnam 2-1 di Laga Pertama Semifinal AFF

Pesepak bola Indonesia Bayu Pradana Andriatmoko (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Vietnam Bui Tien Dung (kedua kiri) pada semifinal AFF Suzuki Cup 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, 3 Desember 2016. ANTARA/Widodo S. Jusuf

TEMPO.CO, Jakarta – Indonesia menekuk Vietnam 2-1 dalam laga semifinal AFF Suzuki Cup 2016, di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu, 3 Desember 2016. Gol Indonesia dicetak oleh Hansamu Yama dan Boaz Salossa.

Pelatih Indonesia, Alfred Riedl, menurunkan Boaz Solossa dan Ferdinand Sinaga sebagai ujung tombak serangan. Ia memainkan formasi 3-5-2. Di lini belakang, Riedl menurunkan Hansamu Yama untuk kali pertama di ajang AFF ini.

Di babak pertama, kedua kesebelasan bermain terbuka dengan tempo permainan cepat. Indonesia unggul lebih dulu. Pada menit ke-6, Rizky Pora melakukan tendangan sudut dari kiri gawang Vietnam. Bola yang melambung ke arah tengah disambut dengan sundulan keras oleh Hansamu sehingga berbuah gol.  

Presiden Joko Widodo yang menyaksikan langsung di Stadion tampak berjingkrak. Jokowi yang mengenakan jaket berdiri dan memberi tepuk tangan atas gol Hansamu.

Selang sepuluh menit, Vietnam berhasil membalas lewat tendangan penalti Nguyen Van Quyet. Wasit menilai Benny Wahyudi melakukan pelanggaran terhadap pemain Vietnam sehingga memberi hadiah penalti. Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Babak kedua baru dimulai, pada menit ke-51, pemain belakang Vietnam menjatuhkan Rizky Pora. Akibat pelanggaran itu, wasit memberi hadiah tendangan penalti pada Indonesia.

Boaz Solossa, kapten tim Indonesia, yang menjadi algojo tendangan penalti, berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Tenangan keras Boaz tak mampu ditepis kiper Tan Nguyen, sehingga kedudukan berubah 2-1 untuk keunggulan Indonesia.

Di babak kedua, Boaz dan rekan-rekannya berulang kali menciptakan peluang gol. Namun peluang itu tidak berbuah gol.

Riedl mengubah strategi dengan memasukkan Lerby Eliandry menggantikan Ferdinand Sinaga pada menit ke-65. Berikutnya, dia menarik Boaz dan memasukkan Evan Dimas Darmono pada menit ke-80. Pada menit-menit akhir, Riedl memasukkan Zulham Zamrun menggantikan Andik Vermansyah.

Menjelang laga berakhir, pada menit ke-87, kiper Indonesia Kurnia Meiga melakukan penyelamatan gemilang. Dia berhasil menepis tendangan pemain Vietnam yang memantul ke arah atas gawangnya.

Pertandingan berakhir dengan kemenangan Indonesia atas Vietnam 2-1. Kemenangan ini akan menjadi modal bagi tim asuhan Riedl sebelum menjalani laga kedua di kandang Vietnam pada Rabu, 7 Desember 2016.

EGI ADYATAMA

Artikel lain Indonesia Tekuk Vietnam 2-1 di Laga Pertama Semifinal AFF