082225427456
082225427456
082225427456
D7701234

Ini Dia 10 Fitur Baru Android Nougat di Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge

Sabtu, Desember 10th 2016. | 2. Gadget

Samsung saat ini diketahui tengah menguji pembaharuan Android Nougat untuk Galaxy S7 dan S7 Edge melalui program beta. Melalui program tersebut, para peserta dapat mencicipi sendiri beragam fitur yang disuguhkan dan memberikan masukan untuk perbaikan bug yang ditemui sebelum meluncurkan versi final untuk seluruh pengguna di tingkat global.

Sambil menunggu perangkat Anda mendapatkan update, tentu tak ada salahnya untuk mengintip terlebih dulu dari sepuluh fitur baru Android Nougat yang akan hadir di duo Galaxy S7 series itu, begitu proses update yang dijanjikan resmi menyambangi perangkat Anda.

1. Antarmuka dirombak menjadi putih cerah
Galaxy S7 Series Nougat 1 Images Data 2016 Desember Thumb Other400 0

Antarmuka Android Nougat yang digulirkan untuk perangkat flagship Samsung ini kini berubah menjadi lebih cerah dengan warna dasar putih yang dipercantik dengan bentuk huruf yang lebih ringkas serta kilau aksen biru yang lebih lembut. Samsung terlihat melakukan pembenahan besar-besaran tampilan antarmuka yang diusungnya dengan menghadirkan update Nougat ini.

2. Bilah notifikasi kini tampil segar dan lebih lengkap
Galaxy S7 Series Nougat 2 Images Data 2016 Desember Thumb Other400 0

Bilah notifikasi (notification bar) milik Galaxy S7 dan S7 Edge kini berjalan seperti layaknya bilah notifikasi bawaan Android Nougat. Samsung mengadakan beberapa penyesuaian pada area ‘quick setting’ di bilah notifikasi yang meliputi opsi untuk mengubah posisi ‘toggle setting’ serta mengatur grid layout mulai dari 3×3, 4×3 hingga 5×3.

Pengguna kini juga bisa melihat berbagai macam perangkat seperti speaker, headset dan lain-lain yang saat ini sedang terhubung via Bluetooth, NFC atau Wi-Fi Direct yang tersemat di perangkat S7 atau S7 Edge di area quick connect yang telah terintegrasi dengan bilah notifikasi.  

3. Aktifkan sleep mode untuk aplikasi
Galaxy S7 Series Nougat 3 Images Data 2016 Desember Thumb Other400 0

Pengguna kini dapat lebih leluasa mengatur aplikasi di perangkatnya dengan penambahan opsi sleep mode. Caranya cukup dengan menekan aplikasi beberapa saat dan memilih put to sleep untuk mengaktifkannya. Begitu sleep mode aktif, aplikasi tersebut tidak akan berjalan di background dan hanya akan dapat berjalan jika Anda membukanya secara manual.

Penambahan sleep mode ini tentu dapat menghemat pemakaian data perangkat dengan memilah milih aplikasi mana saja yang boleh dan tidak boleh menggunakan data saat perangkat sedang terhubung ke jaringan data milik operator. Begitu Anda berada di area dengan lokasi Wi-Fi, maka Anda tinggal menonaktifkan sleep mode yang ada sehingga aplikasi tersebut dapat menerima kembali pesan-pesan baru yang masuk.

4. Multiwindow kini mendukung lebih banyak aplikasi
Galaxy S7 Series Nougat 4 Images Data 2016 Desember Thumb Other400 0

Fitur multiwindow pada kedua perangkat flagship milik Samsung ini kini mengalami perubahan besar dikarenakan datangnya update Nougat yang kini menjadikan fitur ini sebagai fitur standar seluruh perangkat Android dari lintas merek dan perangkat. Aplikasi yang mendukung fitur multiwindow yang semula hanya untuk aplikasi tertentu kini sudah mendukung hampir semua aplikasi yang berjalan di Android mulai dari yang bawaan hingga yang berasal dari pihak ketiga.

Tentu saja untuk mengakomodasi hal tersebut, Samsung harus mengimplementasikan perubahan antarmuka yang akan memudahkan pengguna ketika ingin menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Selain membagi layar menjadi dua, pengguna juga dapat menjalankan keduanya dengan menampilkan salah satu aplikasi dalam floating window atau jendela yang melayang.

5. Filter cahaya biru
Galaxy S7 Series Nougat 5

Dengan memfilter cahaya biru pada layar, perangkat S7 atau S7 Edge milik Anda menjadi tampak lebih nyaman di mata serta mempermudah Anda untuk terlelap tidur di malam hari. Dengan warna layar yang agak menguning, mata pengguna terasa lebih nyaman saat menatap perangkat di kamar yang gelap tanpa penerangan. Anda dapat menemukan pengaturan filter cahaya biru tersebut dari area notifikasi yang ada pada bilah notifikasi. Selain mengaktifkan secara manual, Anda juga bisa menghidupkan filter tersebut dengan memasukkan jadwal waktu tertentu.

6. Penambahan opsi hemat baterai
Galaxy S7 Series Nougat 6 Images Data 2016 Desember Thumb Other400 0

Update Nougat pada S7 dan S7 Edge kini menambahkan opsi penghematan baterai menjadi empat yang meliputi:
a. Normal: 1080p, video enhancer on, game launcher on, game tools on
b. Game mode: 1080p, kecerahan maksimal, game launcher on, game tools on
c. Entertainment mode: 1440p, kecerahan maksimal, video enhancer on, UHQ upscaler on
d. High performance: 1440p, kecerahan maksimal

7. Cek kondisi perangkat dalam satu tempat
Galaxy S7 Series Nougat 7 Images Data 2016 Desember Thumb Other400 0

Samsung kini membuat satu menu baru bernama device maintenance yang merupakan wadah terintegrasi yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa baterai, performa, penyimpanan, RAM dan keamanan. Jika Anda menemui data cache yang terlalu besar, maka Anda tinggal tekan saja tombol fix untuk menghapusnya. Device Maintenance juga dapat menyarankan beberapa tindakan yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan performa perangkat seperti mematikan aplikasi yang berjalan di background.

8. Always On Display kini menampilkan notifikasi dari aplikasi pihak ketiga
Galaxy S7 Series Nougat 8 Images Data 2016 Desember Thumb Other400 0

Fitur Always On Display yang memungkinkan layar perangkat terus menyala dengan konsumsi daya minimal kini makin ditingkatkan fiturnya dengan menambahkan dukungan untuk menampilkan notifikasi dari aplikasi pihak ketiga. Anda juga bisa menampilkan informasi seperti tanggal, waktu, level baterai, jadwal kalender dan masih banyak lagi yang lainnya.

9. Penambahan opsi pengaturan resolusi layar
Galaxy S7 Series Nougat 9 Images Data 2016 Desember Thumb Other400 0

Peningkatan lain yang juga tampak menonjol dengan hadirnya update Nougat adalah dengan ditambahkannya fungsi pengaturan resolusi layar. Anda kini dapat menurunkan resolusi layar S7 atau S7 Edge Anda ke posisi full HD 1080p atau 720p.

Anda juga bisa memanfaatkan UI Scaling yang kini merupakan fungsi native Android Nougat yang memungkinkan pengguna untuk memperbesar tampilan ikon perangkat. Ada tiga pilihan yang dapat pengguna pilih masing-masing kecil, menengah dan besar.

10. Bentuk Ikon aplikasi semakin cantik
Galaxy S7 Series Nougat 10 Images Data 2016 Desember Thumb Other400 0

Bentuk ikon perangkat kini juga makin cantik dengan mengadopsi konsep square circles atau persegi bersudut membulat. Meski tidak semua aplikasi yang terinstal telah mendukung konsep square circles, namun setidaknya ini cukup membuat tampilan perangkat tampak lebih indah serta sedap dipandang mata. (Glg/Wr)

Sumber: Android Central

Artikel lain Ini Dia 10 Fitur Baru Android Nougat di Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge