082225427456
082225427456
082225427456
D7701234

Kemenhub Pastikan Tahun 2017 Bandara Blimbingsari Siap Naik Kelas

Rabu, November 23rd 2016. | 1. Berita & Politik




Banyuwangi – Dirjen perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Suprasetyo memastikan akan mempercepat pembangunan Bandara Blimbingsari di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pembangunan itu menyusul rencana akan dibukanya penerbangan langsung dari Jakarta menuju Banyuwangi.

“Kondisi runway di Banyuwangi, sementara yang digunakan 1.800 meter dengan lebar 30 meter. Dengan PCN (Pavement Claassification Number) baru 27. Itu baru bisa digunakan untuk (jenis peswat) ATR. Untuk dipergunakan Boeing masih belum memenuhi persyaratan PCNnya,” kata Suprasetyo saat meninjau proyek pembangunan bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Selasa (22/11/2016).

“Tahun 2017, APBN sudah mengalokasikan anggaran untuk overlay. Nanti kira-kira bisa meningkat menjadi 39 PCN,itu kekuatan runway. Minimal untuk Boeing 737 series itu PCN 38. Begitu kita overlay 2017, diperkirakan paling lambat April selesai. PCN sudah mencukupi untuk Boeing,” sambung dia.

Kemenhub Pastikan Tahun 2017 Bandara Blimbingsari Siap Naik KelasFoto: Kartika Sari Tarigan/detikcom

Suprasetyo mengatakan, untuk saat ini kondisi bandara hanya memungkinkan untuk diterbangi pesawat jenis ATR. Belum tersedianya tempat pengisian bahan bakar di Banyuwangi menjadi hal yang juga harus diperhatikan. Penerbangan yang dimungkinkan saat ini adalah penerbangan lanjutan dari Jakarta-Surabaya-Banyuwangi.

“Kalau dari Jakarta langsung ke Banyuwangi itu harus bawa fuel penuh, kan di sini belum ada pengisian bahan bakar. Harus penuh, bikin pesawatnya jadi berat. Dan akhirnya jumlah penumpang dan bagasi harus dikurangi, bahan bakar harus bawa dari bandara asal,” ujar Suprasetyo.

Suprasetyo juga memberikan beberapa catatan tambahan untuk proyek bandara Blimbingsari itu. Dia meminta pemerintah daerah lebih memperhatikan dan menyelesaikan semua masalah yang ada.

“Tadi ada di dua ujung runway, ada gundukan sekitar 4 meter. Itu kita harus potong. Nanti kalau akan terbang instrumen, itu runway strip harus diperlebar lagi. Sekarang kan baru 150, nanti diperlebar jadi 300 meter,” ungkap Suprasetyo.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas menyambut baik rencana dari Kemenhub ini. Dia tampak memperhatikan dengan seksama setiap penjelasan yang disampaikan untuk melengkapi bandara yang berkonsep green design itu.

“Kita berharap ada percepatan seiring dengan ada keinginan publik. Tadi semua sudah saya sampaikan ke pak Dirjen. Semoga nanti di Maret 2017 bandara sudah siap,” ujar Anas.

(kst/jor)

Artikel lain Kemenhub Pastikan Tahun 2017 Bandara Blimbingsari Siap Naik Kelas