082225427456
082225427456
082225427456
D7701234

Kunjungi Yordania, Ketua MA RI Jalin Kerjasama di Bidang Peradilan

Selasa, November 22nd 2016. | 1. Berita & Politik




Jakarta – Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali terbang ke Yordania untuk menjalin kerja sama di bidang peradilan. Isu terpenting yaitu seputar permasalahan ekonomi syariah.

“Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA RI) dan Majelis Peradilan (MP) Kerajaan Yordania sepakat untuk menjalin kerja sama di bidang peradilan,” kata Hatta Ali usai melakukan pertemuan dengan Ketua MP Yordania Hisyam At Tal di kantornya (21/11) dalam siaran pers KBRI Amman yang diterima detikcom, Selasa (22/11/2016).

Kunjungan MA ini merupakan kunjungan pertama kali ke Yordania. Tujuannya yaitu untuk melihat dan mengenal lebih dekat sistem peradilan di Kerajaan Yordania dan berbagai capaian yang telah diraih serta berbagai pengalaman pengadilan Yordania dalam menyelesaikan perkara ekonomi syariah.

Ketua MP Yordania Hisyam At Tal dalam pertemuan tersebut menjelaskan sistem peradilan di Yordania secara umum. Di mana Majelis Peradilan Yordania merupakan pemegang kekuasaan tertinggi yudikatif.

Yordania mempunyai 2 jenis Mahkamah Agung, yaitu Mahkamah Agung Umum dan Mahkamah Agung Syariah. Kedua lembaga peradilan di Yordania adalah independen dan tidak tunduk dalam pengawasan pemerintahan akan tetapi langsung bertanggung jawab kepada Raja sebagaimana ditegaskan dalam konstitusi perubahan Yordania tahun 2011.

Dr. Nasich Salam yang bertindak sebagai fasilitator komunikasi antara kedua belah pihak menambahkan bahwa terkait perkara ekonomi syariah, Pengadilan Yordania relatif sudah lebih maju. Peradilan Yordania sudah lama menangani perkara sengketa keuangan syariah dan sudah memiliki perangkat hukum materiil yang diundangkan dan merupakan UU yang diambil dari syariah dengan rujukan Majalah Ahkam Adliyyah, ditambah berbagai perkembangan Ijtihad kontemporer contohnya UU tentang shukuk, dan lain-lain.

Dalam isu syariah ini, MP Yordania siap untuk berbagi pengalaman kepada hakim Indonesia di bidang penanganan sengketa ekonomi syariah

Kunjungi Yordania, Ketua MA RI Jalin Kerjasama di Bidang Peradilan

Hadir dalam dalam pertemuan tersebut Dubes RI Amman, Teguh Wardoyo, Wakil Ketua MA Bidang Nonyudisial hakim agung Suwardi, Ketua Muda MA bidang Agama Prof Dr Abdul Manan, hakim agung Imran Suadi, Dirjen Peradilan Agama MA Abdul Manaf dan hakim Pengadilan Agama (PA) Cibinong Nasich Salam.

“Pada dasarnya antara Indonesia dan Yordania memiliki banyak kesamaan utamanya yaitu sama-sama mempunyai penduduk mayoritas beragama Islam, sehingga tidak heran apabila berbagai nuansa keislaman sangat hidup di tengah-tengah masyarakat Indonesia sebagaimana didapati juga di negara Yordania,” ucap Hatta Ali.

Kerja sama ini akan terus berlanjut, salah satunya Hatta Ali mengundang balik MP Yordania ke Indonesia. Salah satunya untuk acara Annual Report Mahkamah Agung RI 2017 di Jakarta, guna berbagi pengalaman dalam menangani perkara terkait berbagai isu.

(asp/dha)

Artikel lain Kunjungi Yordania, Ketua MA RI Jalin Kerjasama di Bidang Peradilan