082225427456
082225427456
082225427456
D7701234

PENTING! Inilah 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Belanja Online

Selasa, November 22nd 2016. | 2. Gadget

01 Online


Menjamurnya situs belanja online kian mempermudah calon konsumen yang ingin berbelanja barang-barang kebutuhan sehari-hari tanpa harus takut terjebak macet atau hujan. Dengan kemudahan akses internet melalui perangkat mobile, para pembeli dan penjual kini jadi makin mudah untuk bertransaksi cukup dengan menginstal sebuah aplikasi.

Kemudahan yang ditawarkan tentu harus dapat disikapi secara cermat oleh calon konsumen sehingga mereka tidak menjadi korban penipuan berkedok transaksi belanja online. Berikut lima hal yang harus Anda perhatikan saat ingin berbelanja barang secara online:
1.Reputasi Toko

01 Online
Sebelum Anda berbelanja, pastikan Anda membaca terlebih dahulu testimony atau kesaksian dari para pembeli sebelumnya mengenai kualitas layanan yang mereka terima. Membeli barang dari perusahaan ecommerce besar yang memayungi ratusan hingga ribuan pedagang online dalam berbagai macam kategori tentu menyediakan jaminan keamanan yang lebih besar ketimbang membeli barang dari pedagang online perorangan yang menjual barangnya melalui situs media sosial seperti Facebook atau Instagram .
2.Layanan Pelanggan

02 Online Images Data 2016 November Thumb Other400 0
Setelah Anda mengetahui toko online mana saja yang memiliki reputasi positif, langkah berikutnya adalah memastikan bahwa toko tersebut memiliki layanan pelanggan 24 jam nonstop yang ramah dan juga sangat responsif dalam melayani keluhan pelanggan. 

Layanan pelanggan tersebut juga mencakup kemampuan pelanggan untuk melacak paket barang yang mereka pesan serta pengiriman kuitansi atau invoice yang jelas serta dapat dipertanggungjawabkan.
3.Deskripsi Barang

03 Online Images Data 2016 November Thumb Other400 0
Nah begitu Anda yakin dengan kedua hal diatas, langkah selanjutnya adalah memilih barang yang sesuai denga kebutuhan atau keinginan Anda. Agar barang yang Anda beli benar-benar sesuai dengan foto yang diberikan, ada baiknya Anda mengecek terlebih dulu barang yang dimaksud melalui internet. Misalnya ketika Anda ingin membeli ponsel terbaru, maka ada baiknya Anda baca ulasan lengkapnya terlebih dulu di PULSA ONLINE.
4.Kondisi Pengiriman

04 Online Images Data 2016 November Thumb Other400 0
Sementara agar barang yang Anda beli selamat dari kerusakan saat sedang dalam pengiriman, maka Anda tinggal tanyakan saja kepada penjualnya mengenai proses pengepakan barang tersebut sebelum dikirimkan kepada pelanggan. Jika memungkinkan, barang yang Anda beli dapat Anda minta supaya dapat dibungkus dengan menggunakan kotak kayu atau disertakan jaminan asuransi.
5.Pembayaran

05 Online Images Data 2016 November Thumb Other400 0
Nah setelah keempat langkah tersebut sudah Anda perhatikan dengan cermat, jangan lupa untuk mengecek pula sistem pembayaran yang mereka gunakan. Sistem pembayaran paling aman tentu saja adalah cash on delivery (COD) atau lazim disebut bayar di tempat di mana si pembeli dapat secara langsung membayarkan sejumlah uang kepada kurir yang mengantarkan barang yang telah dipesan.

Sementara dengan sistem rekening bersama, pelanggan dapat menitipkan uang kepada rekening bersama yang hanya akan dapat dicairkan oleh pedagang begitu barang yang mereka jual sampai kepada pembeli. Nah bagi Anda yang membeli melalui perusahaan ecommerce besar, nomor rekening pembayaran yang digunakan biasanya adalah milik resmi perusahaan dan bukan merupakan rekening pribadi milik sang penjual.

Artikel lain PENTING! Inilah 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Belanja Online