082225427456
082225427456
082225427456
D7701234

Pesawat Jatuh Tewaskan 75 Orang, Pemain Brasil Ini Selamat

Selasa, November 29th 2016. | 3. Sport

Selasa, 29 November 2016 | 18:19 WIB

Pesawat Jatuh Tewaskan 75 Orang, Pemain Brasil Ini Selamat

Alan Rushel (kanan) dan Danilo, dua pemain yang selamat dalam kecelkaan pesawat d Medellin, Kolumbia, Selasa, 29 November 2016. (instagram: @alanrushel).

TEMPO.CO, Jakarta – Sebuah pesawat yang membawa 81 orang—sebagian di antaranya para pemain klub Brasil, Chapecoense—jatuh dalam perjalanan menuju bandara internasional Medellin, Kolumbia, Selasa, 29 November 2016. Guardian melaporkan, ada 75 orang tewas dalam kejadian itu dan lima lain selamat dengan luka-luka.

Salah satu korban selamat adalah Alan Ruschel, bek kanan Chapecoense. Ia ditarik dari reruntuhan pesawat dengan sejumlah luka di badan dan kepala. Ia juga mengalami sejumlah patah tulang. Saat ini, ia dirawat di rumah sakit setempat dan dikabarkan dalam kondisi stabil.

Dari kesaksian orang yang melihat kedatangan Alan ke rumah sakit, pemain pinjaman dari Internacional itu justru menanyakan keluarganya, yang tak ikut dipesawat. Ia juga menitipkan cincin kawinnya kepada perawat.

Setelah menyaksikan cuitan-cuitan itu, istrinya, Allisen Ruschel, langsung mengabarkan suka citanya, juga lewat Twitter.

Selain Rushel, korban yang selamat adalah Danilo dan Follmann (pemain), Rafael Henzel (wartawan), Ximena Suárez (kru pesawat).

BBC melaporkan, pesawat ini disebut jatuh di area pegunungan di luar Kota Medellin pada pukul 22.00 waktu setempat. Pesawat carteran ini terbang dari Sao Paulo lalu transit di Bolivi sebelum menuju Medellin. Chapecoense, tim yang ada di dalamnya, sedang terbang menuju Medellin untuk bermain dalam final Copa Sudamericana melawan Atletico Nacional, tim lokal Medellin.

Copa Sudamericana merupakan kejuaraan tahunan antarklub yang diadakan CONMEBOL, federasi sepak bola Amerika Selatan, sejak 2002. Chapecoense adalah tim yang berasal dari Kota Chapeco. Klub itu dipromosikan ke liga kasta tertinggi Brasil mulai 2015.

 

 

 

 

Presiden Brasil Michel Temer ikut menyatakan simpati dan duka citanya bagi para korban lewat Twitter. “Saya menyatakan solidaritas saya pada saat menyedihkan ini ketika belasan keluarga Brasil terkena tregedi. Kami menawarkan segala bentuk bantuan yang mungkin buat mereka. Angkatan udara dan Kementerian Luar Negeri sudah bergerak.”

GUARDIAN | MIRROR | 101GREATGOALS | NURDIN

Baca:
Kompetisi ISC Tersisa 4 Laga, Begini Peta Persaingan Juara
Mayoritas Pemain Sepak Bola di Dunia Berpenghasilan Rendah

 

 

 

 

Artikel lain Pesawat Jatuh Tewaskan 75 Orang, Pemain Brasil Ini Selamat