082225427456
082225427456
082225427456
D7701234

Sering Razia, Ponsel BM Menghilang di Roxy

Jumat, Desember 2nd 2016. | 2. Gadget

Pemerintah sepertinya sedang giat-giatnya memerani peredaran barang black market. Minggu lalu, beberapa toko online mengumumkan bahwa mereka tidak lagi menerima penjualan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Begitu juga yang terjadi di pusat pernjualan ponsel terbesar ITC Roxy Mas.

Dari beberapa pedagang yang disinggahi PULSA, mereka mengaku tidak punya stok iPhone 7 ataupun Xiaomi yang tak resmi. Alasannya, takut terkena razia. Meski begitu, ada beberapa toko yang menjualnya tapi tidak secara langsung ke pembeli. Mereka memilih transaksi antar toko saja.

iPhone 7 dan beberapa produk Xiaomi memang banyak dijual dengan status BM. Ini karena iPhone 7 belum mendapat restu dari Pemerintah ntuk di edarkan secara resmi. Begitu juga Xiaomi, tidak semua model yang ada di pasaran merupakan barang resmi. Hal ini terkait dengan ketentuan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) bagi perangkat 4G yang harus dipenuhinya.

Sebagai informasi, Pemerintah akan menaikkan TKDN sebesar 30% di 2017. Namun demikian, komposisinya masih digodok.  Yang Jelas, aturan terkait komponen lokal tersebut akan diarahkan kepada nilai tambah dari perangkatnya, bukan kepada perangkat kerasnya.

Inilah yang memungkinkan produk Apple seperti iPhone 7 dan iPhone 7 Plus bisa masuk secara resmi. Beberapa waktu lalu di laman resmi Postel, iPhone 7 diketahui tengah mengurus sertiifikasi produknya untuk dijual di Indonesia. Namun belum diketahui kapan tepatnya produk resmi iPhone 7 beredar di pasaran. Mudah-mudahan tidak lama lagi, sehingga produk BM benar-benar bisa tergerus dengan sendirinya. (isk)

Artikel lain Sering Razia, Ponsel BM Menghilang di Roxy