082225427456
082225427456
082225427456
D7701234

Timnas Sudah Dapat Cobaan Sebelum Terjun di Piala AFF

Kamis, November 17th 2016. | 3. Sport

Kamis, 17 November 2016 | 12:30 WIB

Timnas Sudah Dapat Cobaan Sebelum Terjun di Piala AFF

Penyerang Indonesia Irfan Bachdim, melakukan selebrasi setelah berhasil menciptakan gol penyeimbang pada laga uji coba melawan Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, 9 Oktober 2016. TEMPO/Pius Erlangga

TEMPO.CO, Jakarta – Belum berlaga di Piala AFF 2016 pada 19 November mendatang, tim nasional Indonesia sudah dilanda cobaan hebat. Dua pemain yang berpotensi menghuni skuad inti tim nasional mengalami cedera. Salah satunya adalah penyerang andalan Irfan Haarys Bachdim.

Irfan menderita cedera tulang fibula atau tulang kering setelah berbenturan dengan pemain lain, Hansamu Yama Pranata, dalam latihan Selasa pagi lalu. Melihat pemain klub Consadole Sapporo itu terjatuh, tim dokter tim nasional langsung bergerak.

Bahkan tim dokter sempat memboyong Irfan ke rumah sakit terdekat dari lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang, lokasi latihan tim nasional. “Ada keretakan di tulang fibulanya. Kasihan kalau diberangkatkan karena itu sakit sekali,” kata dokter tim nasional Syarief Alwi, Selasa lalu.

Walhasil, pelatih tim nasional Alfred Riedl terpaksa mencoret nama Irfan dari rancangan 23 pemain skuad inti yang bakal ia bawa ke Filipina. Dengan cepat, pelatih berkebangsaan Austria itu mengganti Irfan dengan Yohannes Ferinando Pahabol, penyerang asal klub Persipura Jayapura.

Selain Pahabol, Riedl masih punya dua cadangan penyerang yang masuk dalam 40 nama daftar tunggu tim nasional. Mereka adalah Syamsul Arif dari Persib Bandung dan Muchlis Hadi dari PSM Makassar.

Irfan pun hanya bisa memberi dukungan dan doa untuk rekan-rekan tim nasional yang bakal terbang ke Filipina, hari ini. Pemain 28 tahun itu meminta Boaz Solossa cs berjuang habis-habisan di Piala AFF 2016.

“Mimpi saya hancur, tapi kalian dapat mewujudkan mimpi saya. Berjuanglah dan bawa piala itu ke Indonesia,” demikian Irfan menulis dalam akun Instagramnya, kemarin.

Bagi Irfan, ini merupakan kegagalan keduanya absen membela tim nasional di Piala AFF. Pada gelaran dua tahun lalu, Irfan tak bisa main lantaran cedera hamstring atau otot bagian paha.

Cedera menjelang Piala AFF juga dialami kiper Dian Agus Prasetyo. Penjaga gawang Pusamania Borneo FC itu menderita cedera hamstring. Tim pelatih mengganti Dian Agus dengan Tejo Paku Alam, kiper Sriwijaya FC.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Letnan Jenderal Edy Rahmayadi yakin cedera pemain tak akan mengganggu kesiapan tim nasional. “Kami masih ada cadangan,” kata Edy, Selasa lalu.

Sebagai penyemangat, pria yang menjabat Panglima Komando Cadangan Strategis TNI AD itu menjanjikan bonus untuk pemain. “Bonus menang pertandingan dan bonus juara, pasti berbeda jumlahnya,” kata Edy.

Sebelumnya, pelatih Alfred Riedl mengaku sudah menemukan 80-90 persen kerangka tim yang bakal ia bawa ke Filipina. Dia yakin persaingan antarpemain terjadi secara sehat. “Saya merasa pemain inti dan cadangan tak ada jarak,” kata pelatih 67 tahun itu, seperti dikutip situs resmi PSSI, Senin lalu.

Riedl juga belum bisa memastikan kapan ia akan mengumumkan daftar pemain inti yang bakal ia boyong ke Filipina. Dia pernah berkata bahwa pengumuman tersebut bisa dilakukan beberapa jam sebelum terbang ke Filipina.

Mantan pemain tim nasional, Bambang Nurdiansyah, menyebut lamanya pengumuman skuad tim nasional merupakan hak Riedl. Bambang yakin Riedl sudah punya catatan pemain mana saja yang akan ia bawa berlaga di Piala AFF 2016.

“Tapi dia perlu banyak coba-coba karena persiapan timnas mepet. Buktinya, ada cedera pemain seperti ini,” kata Bambang ketika dihubungi Tempo, kemarin.

Menurut Bambang, absennya Irfan bakal mempengaruhi permainan tim. Musababnya, selama ini Irfan dilibatkan dalam setiap uji coba. Walhasil, Bambang yakin Riedl sudah punya rencana permainan dengan memasukkan Pahabol.

“Bisa saja Riedl memainkan Boaz dan Pahabol, atau mentandemkan Boaz dengan Ferdinand Sinaga. Riedl tahu persis itu,” kata Bambang.

Sementara itu, mantan penyerang tim nasional, Ilham Jaya Kesuma, mengatakan absennya Irfan tak akan mengganggu permainan tim. Selain punya cadangan penyerang, tim nasional bisa menambah daya gedor dengan memaksimalkan peran pemain lini tengah atau gelandang.

“Masih ada gelandang serang seperti Andik Vermansyah yang bisa bantu serangan. Yang penting, jaga konsentrasi dan fisik selama bermain nantinya,” kata Ilham ketika dihubungi Tempo, kemarin.

INDRA WIJAYA

Baca:
Akademi Manchester United Terbaik di Inggris
Nonton Tennis, Mourinho Kaget Bertemu Pique
Guardiola Bikin Aturan tentang Seks untuk Pemain Man City

Artikel lain Timnas Sudah Dapat Cobaan Sebelum Terjun di Piala AFF